H2H

H2H
Aplikasi Android H2H Server Pulsa

Analisa Video Guru Abad 21


Materi 2: Video Teknologi Informasi di Pendidikan


Pembelajaran Abad Ke-21

1.    Guru
Dalam video tersebut, guru bertanggungjawab penuh di kelas, apa yang akan siswa lakukan dan bagaimana siswa akan melakukannya dan menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru kemudian memberikan stimulus kepada siswa untuk berpartisipasi dan memberikan saran untuk melakukan kegiatan dalam hal ini membuat desain jembatan. Guru menjadi sumber bantuan dan bisa menawarkan bantuan apabila ada siswa yang membutuhkan, guru selalu siap apabila dibutuhkan siswa, bisa dengan komunikasi lewat chat atau video call.
Guru memantau perkembangan siswa seberapa baik kinerja mereka dan memberikan koreksi dan umpan balik, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkonsultasi dengan narasumber yang nyata dan profesional bekerja pada bidangnya.


2.    Siswa
Dalam video tersebut, siswa dengan seksama memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru, kemudian mulai berpartisipasi dan menentukan sendiri cara yang akan dicapai dalam tugas tersebut setelah mendapat beberapa sumber daya dari guru, menambah informasi dari teman dan internet, kemudian berdiskusi dengan narasumber yang profesional. Dengan semua alat dan teknologi, siswa bisa produktif, komunikatif, mampu meneliti dan memecahkan masalah secara individu maupun kelompok.


3.    Hubungan video dengan karakteristik guru abad 21

Video tersebut adalah salah satu contoh guru yang mempunyai karakteristik abad 21 yang mana guru menguasai ketrampilan abad 21 yaitu mampu memahami dan memanfaatkan teknologi dan komunikasi yang diharapkan pada masa ini di bidang pendidikan.


4.    Hubungan video dengan karakteristik siswa abad 21

Siswa yang lahir pada abad 21 ini, tentu pada usia sekolah mereka sudah melek teknologi, sehingga dalam usia dini pun mereka sudah tahu teknologi, untuk itu tugas guru berkarakteristik abad 21 harus bisa mengarahkan siswa menggunakan teknologi yang edukatif dan dapat memacu siswa untuk terampil belajar dan berinovasi, kritis, sosial, komunikatif, tidak gaptek era digital, dan mempunyai kecakapan hidup dan berkarir.


5.    Kondisi kelas dan Fasilitas/Sarana Prasarana

Kondisi kelas sangat kondusif, karena masing-masing anak disibukkan dengan kreatifitas mereka sendiri, ditambah dengan fasilitas sekolah yang memadai, papan tulis digantikan dengan papan sentuh yang lebar dan cerah, masing-masing anak mengoperasikan notebook sebagai pengganti buku-buku mereka serta koneksi internet yang cepat memungkinkan mereka mendapat informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Kesimpulan, video tersebut adalah video model pembelajaran abad ke-21, yang mana menggabungkan antara teknologi dan ketrampilan.