Materi
2: Video Teknologi Informasi di Pendidikan
Pembelajaran Abad Ke-21
1. Guru
Dalam video tersebut,
guru bertanggungjawab penuh di kelas, apa yang akan siswa lakukan dan bagaimana
siswa akan melakukannya dan menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru kemudian
memberikan stimulus kepada siswa untuk berpartisipasi dan memberikan saran
untuk melakukan kegiatan dalam hal ini membuat desain jembatan. Guru menjadi
sumber bantuan dan bisa menawarkan bantuan apabila ada siswa yang membutuhkan,
guru selalu siap apabila dibutuhkan siswa, bisa dengan komunikasi lewat chat
atau video call.
Guru memantau
perkembangan siswa seberapa baik kinerja mereka dan memberikan koreksi dan
umpan balik, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkonsultasi
dengan narasumber yang nyata dan profesional bekerja pada bidangnya.
2. Siswa
Dalam video tersebut,
siswa dengan seksama memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru,
kemudian mulai berpartisipasi dan menentukan sendiri cara yang akan dicapai
dalam tugas tersebut setelah mendapat beberapa sumber daya dari guru, menambah
informasi dari teman dan internet, kemudian berdiskusi dengan narasumber yang
profesional. Dengan semua alat dan teknologi, siswa bisa produktif,
komunikatif, mampu meneliti dan memecahkan masalah secara individu maupun
kelompok.
3.
Hubungan video dengan
karakteristik guru abad 21
Video tersebut adalah salah satu contoh guru
yang mempunyai karakteristik abad 21 yang mana guru menguasai ketrampilan abad 21 yaitu mampu memahami dan
memanfaatkan teknologi dan komunikasi yang diharapkan pada masa ini di bidang
pendidikan.
4.
Hubungan video dengan karakteristik
siswa abad 21
Siswa yang lahir pada abad 21 ini, tentu pada
usia sekolah mereka sudah melek teknologi, sehingga dalam
usia dini pun mereka sudah tahu teknologi, untuk itu tugas guru
berkarakteristik abad 21 harus bisa mengarahkan siswa menggunakan teknologi
yang edukatif dan dapat memacu siswa untuk terampil belajar dan berinovasi, kritis,
sosial, komunikatif, tidak gaptek era digital, dan mempunyai kecakapan hidup
dan berkarir.
5.
Kondisi kelas dan
Fasilitas/Sarana Prasarana
Kondisi kelas sangat kondusif, karena
masing-masing anak disibukkan dengan kreatifitas mereka sendiri, ditambah
dengan fasilitas sekolah yang memadai, papan tulis digantikan dengan papan
sentuh yang lebar dan cerah, masing-masing anak mengoperasikan
notebook sebagai pengganti buku-buku mereka serta koneksi internet yang cepat
memungkinkan mereka mendapat informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
Kesimpulan, video
tersebut adalah video model pembelajaran abad ke-21, yang mana menggabungkan
antara teknologi dan ketrampilan.